Kata Alumni Tentang Informatika

  • Kuliah di jurusan Informatika benar2 meninggalkan kesan. Walaupun jurusan baru tapi sudah memiliki dosen-dosen yang ahli di bidangnya baik dalam pengajaran maupun dalam membentuk karakter mahasiswa. Di jurusan Informatika tingkat kesabaran mahasiswa benar-benar dicoba dengan tugas yg menumpuk dan dosen yg menuntut, tapi hal itulah yg akan membentuk mahasiswa menjadi pribadi kuat yg dapat bertahan dan bersaing di kerasnya dunia kerja.

    Saya merasa hubungan erat antar mahasiswa dan dosen lah yg telah mengeluarkan potensi maksimal dari mahasiswa. "Karena hasil tidak pernah mengkhianati usaha".

    Ghassan Mochammad - Unit Kepesertaan BPJS Kesehatan

  • Banyak kesan yang saya dapatkan selama kuliah di Informatika Unsyiah salah satu kesan terbaiknya adalah Jurusan ini telah memiliki sistem akademik yang berjalan dengan baik, walau jurusan ini terbilang baru namun semua sistem pembelajarannya sudah tertata rapi, begitu juga dengan pengajar-pengajar di Informatika Unsyiah.

    Tidak perlu diragukan, dosen-dosen profesionalnya siap menempa mahasiswa Informatika untuk menjadi yang terbaik dan siap bersaing di dunia kerja. Walau terkadang tugas, quiz, ujian harian yang diberikan terbilang banyak, namun percayalah hal tersebut akan membuat calon alumni memiliki skill yang mantap. Pesan saya untuk para junior informatika, jaga nama baik Almamater kita dan harumkan namanya dimanapun kita berada.“Leading together for bright future”.

    Riski Phonna - IT Infrastructure Group Bank Mandiri

  • Kuliah tidak hanya tentang memperoleh ilmu sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Lebih dari itu juga tentang passion, manajemen, sosial, dan juga leadership. Metode belajar yang diterapkan adalah teori dan praktek sehingga mahasiswa dapat langsung menerapkan ilmu yang didapatkan di ruang belajar. Jurusan ini cukup muda usianya, tapi dengan tenaga pengajar yang sangat profesional di bidangnya serta dukungan infrastruktur yang terus ditingkatkan saat ini menjadi jurusan yang sangat banyak peminatnya.

    ketika saya masih mahasiswa, hal paling diingat adalah wejangan dari salah satu dosen (ketua jurusan saat itu) yang memiliki moto "Yes, Together we can". terlihat sederhana, tapi ini sangat berguna bahkan hingga saya di dunia kerja. manusia itu pada dasarnya makhluk sosial. kepintaran pribadi penting, tapi membangun bersama itu jauh lebih penting. tugas dari dosen yang terkadang terasa sangat berat jangan dijadikan beban, anggap saja itu sebagai persiapan untuk menghadapi dunia kerja.

    Di masa yang akan datang lulusan Teknik Informatika akan semakin dibutuhkan di segala lini. Pastikan lulusan informatika harus memiliki skill agar mampu bersaing di dunia kerja maupun akademik lanjutan. "Dreams don't work unless you do"

    IPDA Mirza Triyuna Putra - Divisi Teknologi Informasi Polri

  • Kuliah di Informatika begitu berkesan. Hubungan antara dosen dan mahasiswa sangat erat dan terjaga, terutama dalam komunikasi via media sosial (seperti email, facebook, whatssapp) seputar perkuliahan. Saya yakin komunikasi seerat dan se-terbuka ini tidak ditemukan di jurusan lainnya. Meski pun deadline tugas membuat mahasiswa seperti kelelawar pada malam hari dan zombie di pagi hari, hal ini sangat layak dijadikan pelajaran dan cukup indah dijadikan kenangan, mengingat saya sudah menjadi alumni saat ini. Disini, saya tidak hanya mendapatkan teman, namun juga keluarga.

    Menjadi mahasiswa Informatika memang sulit, namun hidup bersama keluarga Informatika terlalu indah untuk dipersulit.

    Alvi Rizka Aldyza - Alumni Informatika

  • Kuliah di Informatika susah-susah enggak. kalau dilihat dari banyaknya tugas dan projek memang lumayan berat, tapi kalau dijalani dengan serius semuanya jadi mudah. Intinya kuliah di Informatika jangan cuma bermodalkan pandai, tapi juga harus 'pandai-pandai'.

    Kesan terbaik selama kuliah di Informatika terutama ada di dosen dan sistem pengajarannya. Metode belajar yang diajarkan selalu up to date dan dosennya juga memanfaatkan media social sebagai media pendukung dalam proses belajar. Tidak hanya saat masa perkuliahan, bahkan saat sudah lulus pun dosen-dosen dari Informatika tetap merangkul Alumni-alumninya untuk mendapatkan pekerjaan.

    Mirna Yunita - Staf Laboratorium Informatika

  • Alhamdulillah, selama di Informatika saya mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu pengetahuan serta momen-momen yang tak pernah terlupakan. Kuliah di Informatika sanagat menyenangkan sekaligus menegangkan karena terjalin keakraban antar mahasiswa, dosen, karyawan, sehingga kenyamanan dalam akademis maupun non akademis.

    Tugas dan praktikum yang tiada henti tidak menghentikan semangat untuk menyelesaikan studi di informatika ini, "Great things never came from the comfort zone". Semoga kedepan Jurusan Informatika dapat melahirkan lulusan yang terbaik dan terus meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Saya merasa sanggat bangga menjadi bagian dari keluarga besar Informatika, banyak pengalaman berharga yang didapatkan untuk pengembangan diri ke depannya.

    Rivansyah Suhendra - Alumni Informatika

  • Bagi saya, pada awalnya kuliah di Informatika adalah hal yg sulit sekaligua luar biasa. Karena utk kuliah di jurusan ini, saya benar-benar harus mampu mengembangkan daya pola pikir terutama logika. Selain itu, saya juga harus belajar untuk terus mengikuti perkembangan teknologi yang terus berkembang di setiap detiknya.

    Pengalaman yang luar biasa saya temukan saat proses pembelajaran, di mana dosen menerapkan perkuliahan teori dan praktik. Mahasiswa diajarkan untuk dapat mempelajari materi yang diberikan dosen dan mampu mengimplementasikannya. Oleh karena itu, pengalaman yang saya peroleh sangat lengkap, mulai dari pengalaman bekerja secara tim, kemampuan menganalisis kebutuhan sistem hingga kemampuan mandiri untuk mengatasi setiap kesulitan. Selain itu, fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap, dengan lab komputer dan WIFI semakin mendukung mahasiswa dalam proses belajar dan mengembangkan skill. . Sukses selalu untuk MIPA Informatika Universitas Syiah Kuala.

    Cut Dirayati Safira - Junior Programmer Diskominfo Banda Aceh

  • Awalnya saya ragu memilih jurusan Informatika Unsyiah karena masih tergolong baru, akan tetapi ketika saya menjalani kuliah di Informatika banyak hal baru yang semasa SMA saya anggap remeh dalam hal IT dan menyadari bahwa ilmu IT saya tidak ada apa-apanya. Peralatan yang ada pada jurusan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya baik itu ketika perkuliahan maupun tidak, istilah kerennya kita dapat ‘oprek-oprek’ semua alat yang ada dijurusan ini jika ingin mendapatkan ilmu baru.

    Kuliah di informatika bikin kita menjadi paling update dalam segala hal, bayangkan saja segala informasi yang baru selalu dibicarakan oleh teman-teman informatika sehingga tidak ada istilah ketinggalan zaman, bahkan terkadang yang katanya anak muda itu selalu update bakal kalah dengan dosen-dosen yang umurnya di atas mahasiswa sehingga jurusan informatika tetap yang paling keren.

    Galih Amar Barkah - Network Engineer Diskominfo Banda Aceh

  • Alhamdulillah, dengan izin Allah saya berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan S1 di jurusan Informatika (JIF) UNSYIAH. Banyak pengalaman yang saya dapatkan selama kuliah di Informatika. Saya sangat bangga menjadi salah satu bagian dari alumni atau lulusan JIF karena materi yang diberikan menggunakan standar kurikulum yang ada di Universitas unggul lain di Indonesia bahkan staf pengajar yang professional dibidang masing-masing memberikan proses berfikir lebih maju dan terdepan, untuk menciptakan mahasiswa yang memiliki pandangan luas dan berjiwa mandiri.

    Tidak hanya memberikan materi kuliah, dosen-dosen JIF bersinergi, merangkul dan membina para lulusan untuk mendapatkan pekerjaan dan menciptakan relasi antar alumni JIF UNSYIAH agar tetap terjalin. Jurusan Informatika Unsyiah selalu berbenah dan terbukti menjadi jurusan ilmu komputer yang paling diminati. Dengan modal kepercayaan dan kerjasama yang baik, jurusan informatika telah memiliki akreditas B. Oleh karena itu, tidak perlu ragu memilih JIF Unsyiah. Semoga kedepan JIF dapat terus memberikan yang terbaik untuk Indonesia khususnya masyarakat Aceh.

    Zaki Fuadi - Network Infrastructure Diskominfo Banda Aceh