Dip Anja Huwald adalah seorang wanita berkebangsaan Jerman yang sedang magang di Kantor Urusan Internasional Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Anja Huwald seorang konsultan lepas di bidang teknologi informatika, beliau dipekerjakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk menganalisa kebutuhan perangkat lunak untuk perusahaan tersebut. Kuliah tamu yang akan dibawakannya ditujukan kepada mahasiswa Informatika yang akan mengambil mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Kuliah tamu tersebut dibuka oleh ketua jurusan Informatika, Dr. Taufik Fuadi Abidin, M.Tech, beliau menceritakan sedikit tentang latar belakang Anja Huwald sebagai seorang konsultan lepas.

Setelah pengenalan tersebut, berikutnya Anja mengambil alih dan menceritakan sedikit tentang kehidupannya di Jerman. Anja Huwald telah lulus program Diploma di bidang Business Information Technology di Cologne University of Applied Sciences. Anja menceritakan tentang Jerman dan tentang jurusannya. Business Information Technology adalah sebuah jurusan yang menggabungkan elemen-elemen bisnis dengan teknologi informasi. Anja belajar tentang dasar-dasar bisnis dan juga belajar dasar-dasar teknik pemograman dan basis data.

Anja kemudian masuk ke topik kuliah tamu yaitu, SOFTWARE DEVELOPMENT: FROM PROCESS TO SOFTWARE IN A GLOBAL ENTERPRISE. Anja menceritakan tentang berbagai metodologi yang biasa digunakan oleh perusahaan untuk membangun perangkat lunak, mulai dari waterfall methodology sampai ke agile methodology. Anja mengatakan bahwa banyak perusahaan menggabungkan kedua metodologi tersebut untuk membangun sebuah perangkat lunak. Kuliah tamu diakhiri dengan kesimpulan bahwa membangun satu perangkat lunak akan memakan waktu yang lama; ketekunan dan kesabaran juga diperlukan oleh seorang analis sistem jika ingin membangun sebuah perangkat lunak. Anja sangat terharu dengan jumlah mahasiswa yang menghadiri kuliah tamu tersebut. Anja bercerita bahwa saat ia kuliah dulu, jumlah mahasiswi hanya 3 orang dan selebihnya adalah mahasiswa lelaki. Anja sangat suka dengan peningkatan mahasiswa yang kuliah di Jurusan Informatika. Acara se pemberian cendera mata khas Aceh oleh Pak Razief dan foto bersama.