Jurusan Informatika, FMIPA, Universitas Syiah Kuala telah mengadakan Kegiatan Kuliah tamu “Strategi Penguasaan Kompetensi Bidang Informatika dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015” oleh Prof. Ir. Zainal A. Hasibuan, MLS, PhD yang diadakan pada hari Sabtu, 18 Oktober 2014 di Ruang Serba Guna, Gedung ICT Taiwan Lt.2 Unsyiah. Beliau merupakan Guru besar Ilmu Komputer UI / Sekjen APTIKOM Pusat.

Kuliah Tamu ini, dihadiri oleh dosen, Kajur, dan mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta di Aceh. Kuliah Tamu dimulai pukul 08.30 yang dibuka oleh MC mahasiswa Informatika. Selanjutnya pembacaan ayat suci Al-qur’an. Kata pembuka disampaikan oleh ketua panitiaKurnia Saputra, M.Sc dan kata sambutan dari Ketua Jurusan Informatika Dr. Muhammad Subianto, M.Si dan PR 1 Unsyiah Dr. Hizir sekaligus untuk membuka Kuliah Tamu. Setelah acara sambutan penyerahan acara Kuliah Tamu ke moderator Dr. Taufik Fuadi Abidin, M.Tech

Kuliah Tamu dimulai dengan paparan oleh narasumber bapak Prof. Ir. Zainal A. Hasibuan, MLS, PhD dengan Judul “Strategi Penguasaan Kompetensi Bidang Informatika dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015” dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh moderator.

Setelah semua acara selesai, kegiatan kuliah Tamu ditutup oleh ketua Jurusan Informatika bapak Dr. Muhammad Subianto, M.Si. Para peserta yang hadir tampak antusias mengikuti kuliah tamu ini. Acara kuliah tamu berjalan dengan lancar hingga penghujung acara dan kuliah tamu ditutupi dengan foto bersama.