Frequently Asked Question

Pertanyaan umum seputar kampus dan jurusan Informatika bisa kamu temukan disini

Pertanyaan Umum

Apa itu Informatika?

Informatika merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dengan memanfaatkan komputer sebagai media pembantu.

Apa Akreditasi Jurusan Informatika?

Semenjak September 2014 dan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 377/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2014, Jurusan Informatika sudah berakreditasi B (Baik). Akreditasi ini berlaku sampai tanggal 26 September 2019.

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Informatika

Subjek yang diajarkan di jurusan Informatika tidak jauh dari penggunaan komputer dan teknologi informasi. Saat ini Informatika mempunyai 4 bidang minat yang bisa dipilih, yaitu bidang Database dan Data Mining, Jaringan Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak dan Sistem Informasi Geofrafis (GIS).

Untuk Syllabus atau mata kuliah yang diajarkan pada tiap semesternya dapat dilihat pada menu bagian distribusi mata kuliah

Dimana alamat Jurusan Informatika?

Jurusan Informatika terletak di gedung Laboratorium Terpadu Universitas Syiah Kuala di Jln. Syech Abdurrauf No. 10, Gedung Lab. Terpadu Lt. 3 Kopelma Darussalam, Banda Aceh, 23111. Alat transportasi umum yang dapat digunakan untuk bisa sampai ke Gedung Lab Terpadu adalah becak penumpang, Labi-labi atau Transkutaraja.

informasi lebih lanjut dapat dilihat di kontak

Bagaimana cara mendaftar untuk masuk jurusan Informatika?

Untuk bergabung dengan jurusan Informatika dapat melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, UMB dan seleksi perguruan tinggi lainnya.

Lahan pekerjaan apa saja yang menerima lulusan Informatika?

Sampai saat ini dan beberapa tahun kedepan, Lulusan Informatika sangat diminati diberbagai bidang pekerjaan. Lulusan Informatika dapat diandalkan untuk mengolah data dan informasi yang semakin berkembang di zaman modern sekarang ini.

Adapun Profil lulusan Informatika yaitu:

  • Pekerja Industri
  • Programmer
  • Tenaga Ahli dan/atau Konsultan IT (Database/Data Mining/Jaringan/GIS)
  • Akademisi
  • Peneliti
  • Teknoprenur

Kapan mahasiswa dapat menentukan bidang minat yang diinginkan?

Bidang minat jurusan dapat dipilih pada awal semester 5. Bidang minat yang tersedia yaitu, Database dan Data Mining, GIS, Jaringan dan Rekayasa Perangkat Lunak.

Bagaimana dengan tempat tinggal atau kos seputaran kota Banda Aceh?

Kost atau tempat tinggal bagi mahasiswa baru semester awal telah disediakan asrama putra dan putri yang terletak di lingkungan Universitas Syiah Kuala. Selain dari pada itu mahasiswa juga diperbolehkan untuk kost atau menyewa rumah di luar lingkungan Unsyiah.

Pertanyaan Mahasiswa

Berapa SPP semester jurusan Informatika?

Pembayaran SPP dibagi kedalam 2 semester, yaitu semester genap dan semester ganjil. Pembayaran SPP berbeda persemesternya dapat dilihat pada KRS Online masing-masing mahasiswa

Bagaimana cara registrasi mata kuliah yang ingin diambil persemester?

Untuk mahasiswa baru Informatika, mata kuliah yang disediakan pada semester awal merupakan mata kuliah paket. Pada semester awal, mahasiswa akan dibantu dan diarahkan oleh kakak-abang angkatan dari himpunan untuk mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) pada kegiatan SUBMIT Informatika.

Kegiatan apa saja yang wajib diikuti mahasiswa baru?

Untuk mahasiswa baru wajib mengikuti kegiatan mahasiswa baru di lingkup universitas, fakultas dan jurusan.

  • Kegiatan mahasiswa baru tingkat universitas memperkenalkan tentang kegiatan Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru Universitas Syiah Kuala (PAKARMARU UNSYIAH). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kepala pimpinan Unsyiah dan Fakultas.

    Informasi lebih lanjut tentang PAKARMARU Unsyiah dapat dilihat pada lamat kemahasiswaan

  • Mahasiswa Baru juga wajib mengikuti kegiatan Orientasi Sistem Informasi Kampus Universitas Syiah Kuala (OSIMPUS) yang diselenggarakan oleh UPT.TIK Unsyiah untuk mengenal pemanfaatan teknologi dan sistem informasi kampus.

    Informasi lebih lanjut tentang OSIMPUS Unsyiah dapat dilihat pada laman osimpus

  • Mahasiswa baru juga diwajibkan mengikuti kegiatan Silaturrahmi Saintis Muda (SI SAINTSA) yang diselenggarakan oleh BEM FMIPA.

  • Terakhir Mahasiswa baru juga diwajibkan mengikuti kegiatan Silaturrahmi Bersama Mahasiswa Informatika (SUBMIT) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Informatika (HIMF) Unsyiah