Kuliah tamu Fujitsu Team dari Jepang

24/05/2018

Kuliah tamu Fujitsu Team dari Jepang

24/05/2018      artikel oleh Admin

Jurusan Informatika, FMIPA, Universitas Syiah Kuala telah mengadakan Kegiatan Kuliah tamu yang dengan tema  “Information & Communication Technology (ICT) For Disaster Risk Reduction” oleh Kazuhi Tsuji, Yuki Saito, Tatsuya Takena dan “Compact City Concept & Renewable Energy Technology” oleh Teppei Asano, Koshin Takata dari Toyama City Goverment. Kuliah tamu diadakan pada hari Kamis, 24 Mei 2018 dan Sabtu, 26 Mei 2018 di Aula Laboratorium Terpadu Universitas Syiah Kuala. 

Kuliah tamu dihadiri oleh Wakil Rektor I Universitas Syiah Kuala Dr. Hizir, Ketua Jurusan Informatika Dr. Muhammad Subianto, M.Si, dosen Jurusan Informatika serta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi

Kuliah tamu pada hari pertama yaitu hari kamis dimulai dengan paparan materi tentang gunanya teknologi untuk pengurangan resiko bencana serta perubahan seputar masyarakat dan bisnis. Selain itu juga dipaparkan beberapa produk fujitsu yang telah mengoptimalkan seluruh kota, dan dapat ditiru atau digunakan oleh negara indonesia bahkan aceh khususnya. Target dan Use Case yang mereka gunakan berupa Transportation, Industrial zone, Sisater management, dan lainnya.

Kuliah tamu pada hari kedua pemaparan tentang kondisi kota toyama yang sangat bersih dan aman, dengan sitem transportasi yang lebih unggul dibandingkan dengan negara lain, serta penjelasan mengenai aplikasi yang dipakai untuk menunjang terbentuknya kota toyama yang seperti saat ini. Salah satu contohnya adalah penggunaan smart parking dimana sistem ini bertujuan untuk membangun parkir mobil yang hemat lahan.

Setelah pemberian materi oleh masing-masing narasumber, mahasiswa diberikan kesempatan untuk bertanya langsung, bahkan beberapa dari mahasiswa tertarik untuk menggunakan bahasa jepang. Para peserta yang hadir tampak antusia mengikuti kuliah tamu ini. Acara kuliah tamu berjalan dengan lancar hingga penghujung acara kuliah tamu ditutupi dengan foto bersama serta pemberian bingkisan dari Jurusan Informatika kepada pemateri.