Kompetensi Kelulusan

Kompetensi Lulusan Jurusan Informatika

Kompetensi Lulusan Jurusan Informatika

Ada tiga bidang kompetensi yang tercakup dalam kurikulum Program Studi Informatika. Kompetensi tersebut adalah kompetensi bidang Database dan Data Mining, kompetensi bidang Sistem Informasi Geografis dan Data Spasial (SIGDS), kompetensi bidang Jaringan Komputer (Computer Networking), dan kompetensi bidang Rancangan Perangkat Lunak (Software Engineering).

 


Bidang Database dan Data Mining

Kompetensi dalam bidang Database dan Data Mining menekankan pada kemampuan lulusan dalam keahlian Database dan Data Mining. Perkembangan teknologi komputer yang cukup pesat belakangan ini membuat data elektronik bertambah dengan cukup pesat. Data dalam jumlah besar tersebut harus dianalisa agar bermakna dan memberikan informasi yang bermanfaat.

Salah satu fakta perkembangan data elektronik yang cukup pesat dapat dilihat dari pertambahan jumlah halaman web belakangan ini seiring dengan perkembang teknologi Internet. Pada tahun 2005, diperkirakan terdapat lebih dari 11 milliar halaman web yang berhasil di indek oleh mesin pencari (search engines) seperti Google dan Yahoo. Sementara di tahun 1998, baru sekitar 200 juta halaman web. Fakta ini menunjukkan bahwa dalam rentang waktu 7 tahun saja, penambahan jumlah halaman web cukup fantastis. Data web yang cukup besar tersebut perlu diolah dan dianalisa agar menghasilkan informasi yang bermanfaat.

Kemudahan dalam melakukan transaksi secara online juga berkontribusi meningkatkan jumlah halaman review (feedback) dari para pembeli secara signifikan. Kemampuan menganalisa halaman hasil review dari para pembeli secara metodologis dan sistematis sangat diperlukan oleh manajemen perusahaan untuk mengetahui kualitas barang yang dijual dan tingkat kepuasan pembelinya.

Kemampuan menganalisa data-data yang cukup besar memerlukan tenaga-tenaga trampil berkompetensi Database dan Data Mining. Lulusan dengan kompetensi tersebut memiliki peluang yang cukup besar berprofesi sebagai peneliti, dosen, tenaga ahli perancangan database dan data analis. Lulusan dapat bekerja pada bidang perbankan, perusahaan telekomunikasi, perusahan mesin pencari, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lembaga riset, universitas dan instansi pemerintah. Lulusan dalam bidang ini juga dapat menjadi konsultan dalam bidang Database dan Data Mining.

Mata kuliah keahlian (MKK) yang harus diambil oleh mahasiswa untuk menguasai kompetensi bidang Database dan Data Mining adalah:

  1. Data Mining Lanjut
  2. Teks dan Web Mining
  3. Penelusuran Informasi
  4. Rekayasa Data dan Multimedia
  5. Bioinformatika

 


Bidang Jaringan Komputer (Computer Networking)

Kompetensi dalam bidang Jaringan menekankan pada kemampuan lulusan dalam merancang, membuat dan menganalisa sistem jaringan komputer berteknologi Wireless, Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), dan Metropolitan Area Network (MAN). Teknologi Jaringan belakangan ini berkembang dengan sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Lulusan dalam kompetensi ini diharapkan mampu merancang sistem jaringan komputer yang handal, mampu menganalisa masalah sekuritas jaringan komputer dan mampu mengantisipasi serangan terhadap jaringan dari pihak lain.

Lulusan dalam bidang kompetensi Jaringan dapat berprofesi sebagai tenaga ahli dalam merancang dan membangun sistem jaringan komputer yang handal dan berprofesi sebagai konsultan jaringan. Lulusan bidang kompetensi ini berpeluang untuk bekerja pada perusahaan telekomunikasi, perusahan Internet Service Provider (ISP), perusahaan penerbangan, perusahaan listrik, perbankan, dan instansi pemerintah.

Mata kuliah keahlian (MKK) yang harus diambil oleh mahasiswa untuk menguasai kompetensi bidang Jaringan adalah:

  1. Jaringan Nirkabel
  2. Keamanan Jaringan
  3. Kriptografi dan Keamanan Data
  4. Regulasi Keamanan Jaringan
  5. Komputasi Paralel

 


Bidang Sistem Informasi Geografis dan Data Spasial

Kompetensi dalam bidang Sistem Informasi Geografis (SIG) menekankan pada kemampuan lulusan dalam perancangan dan pembuatan sistem Informasi Geografis. SIG adalah sistem informasi yang mengelola data spasial dan memiliki kemampuan membangun, menyimpan, mengelola, dan menampilkan informasi berbasis geografis. Teknologi SIG belakangan ini banyak digunakan untuk melakukan investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya alam, perencanaan pembangunan dan wilayah, penanganan bencana, kartografi, dan perencanaan jalan.

Lulusan bidang kompetensi Sistem Informasi Geografis dapat berprofesi sebagai peneliti, pengajar, tenaga ahli dalam pemetaan berbasis geografis dan berprofesi sebagai konsultan bidang sistem informasi data spasial. Lulusan bidang kompetensi ini berpeluang untuk bekerja pada Badan Perencanaan Daerah (Bappeda), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kementerian Kehutanan, Badan Pertanahan Nasional (BPN), perusahaan pertambangan dan energi, dan perusahaan-perusahaan swasta lain yang bergerak dalam bidang pemetaan dan sistem informasi data spasial.

Mata kuliah keahlian (MKK) yang harus diambil oleh mahasiswa untuk menguasai kompetensi bidang Sistem Informasi Geografis ini adalah:

  1. Kartografi
  2. Manajemen Survei dan Pemetaan
  3. Penginderaan Jauh
  4. Pengolahan Citra
  5. Sistem Informasi Geografis Lanjut

 


Kompetensi Bidang Rancangan Perangkat Lunak (Software Engineering)

Kompetensi dalam bidang Rancangan Perangkat Lunak menekankan pada kemampuan lulusan dalam merancang, membuat dan menganalisa software (perangkat lunak) berbasiskan website, aplikasi desktop, maupun mobile (ex. android, IOS). Teknologi perangkat lunak ini berkembang dengan sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Lulusan dalam kompetensi ini diharapkan mampu merancang, membuat, melakukan testing, memelihara perangkat lunak yang handal dan berteknologi tinggi.

Lulusan dalam bidang kompetensi Rancangan Perangkat Lunak dapat berprofesi sebagai tenaga ahli dalam merancang dan membangun sistem perangkat lunak yang handal dan berprofesi sebagai konsultan software. Lulusan bidang kompetensi ini berpeluang untuk bekerja pada perusahaan telekomunikasi, konsultan IT, software house, perusahan-perusahaan IT, perusahaan penerbangan, perusahaan listrik, perbankan, perusahaan Software Engineering, dan instansi pemerintah.

Mata kuliah keahlian (MKK) yang harus diambil oleh mahasiswa untuk menguasai kompetensi bidang ini adalah:

  1. Rekayasa Perangkat Lunak
  2. Proyek Perangkat Lunak
  3. Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak
  4. Arsitektur Perangkat Lunak
  5. Perangkat Lunak Berbasis Komponen
  6. Kualitas Perangkat Lunak