Kegiatan ekstra-kurikuler di PS Informatika dilakukan melalui wadah Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF). HMIF berada di bawah koordinasi Ketua Program Studi dan koordinator kemahasiswaan yang secara kontinu membimbing kegiatan ekstra-kurikuler mahasiswa. HMIF memiliki beberapa sub unit kegiatan mahasiswa, diantaranya Informatics Programming Community (IPCOM), Informatics Movie Makers (IMM) dan Informatics English Club (IEC).Kegiatan immSub-sub unit kegiatan mahasiswa tersebut dibentuk sebagai sub unit kegiatan HMIF untuk membantu meningkatkan kemampuan soft skill mahasiswa. Soft skill merupakan kemampuan tambahan yang sangat diperlukan oleh mahasiswa ketika lulus dan masuk dunia kerja.

Kegiatan-kegiatan ekstra-kurikuler di HMIF dapat dibagi dalam dua kategori yaitu kegiatan reguler dan tahunan. Kegiatan reguler sebagian berada di bawah koordinasi IPCOM, IMM, dan IEC. Kegiatan reguler seperti perlombaan desain website/grafis dan instalasi Linux Ubuntu dilakukan oleh sub unit IPCOM. Kegiatan tahunan berskala provinsi rencananya akan dilakukan oleh HMIF dalam suatu kegiatan Olimpiade Informatika se-Aceh. Selain itu, melalui unit kegiatan IMM, mahasiswa terlibat aktif mengikuti lomba-lomba pembuatan video. Berikut salah satu cover film yang dibuat oleh IMM. Link dari video tersebut di Youtube adalah http://www.youtube.com/user/informaticsmoviemake.

Melalui bimbingan beberapa dosen, kegiatan mahasiswa juga dilakukan dalam bentuk pembinaan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang setiap tahun disediakan dananya oleh DP2M DIKTI. Pada tahun 2012, mahasiswa PS Informatika memasukkan 4 proposal PKM untuk diseleksi secara nasional.