Lab Pemrograman dan Database (PDB) merupakan salah satu dari 3 laboratorium komputer yang terdapat di Jurusan Informatika Universitas Syiah Kuala. Lab PDB merupakan tempat proses belajar dan mengajar mahasiswa Jurusan Informatika. Lab ini terletak di lantai III gedung Lab Terpadu Unsyiah. Lab PDB di kepalai salah satu dosen Jurusan Informatika, yaitu Ibu Viska Mutiawani, M.Sc.

Lab PDB digunakan untuk proses belajar dan mengajar khusunya pada kegiatan praktikum. Lab PDB sudah beroperasi sejak terbentuknya Informatika pada tahun 2010. Laboratorium ini dikelola oleh Laboran atau teknisi laboratorium. Secara terurut, Laboran yang pernah mengelola lab PDB yaitu, Ghassan Mochammad (2010 s/d 2012, Reza Maulana (2013 s/d 2014), Reza Septian (2014 s/d 2015) dan Mirna Yunita, S.Kom (2016 s/d sekarang).

Laboratorium PDB juga merupakan tempat penelitian Tugas Akhir Mahasiswa Informatika. Penelitian yang termasuk diantaranya yang tergabung dalam penelitian Database dan Datamining. Kompetensi dalam bidang Database dan Data Mining menekankan pada kemampuan lulusan dalam keahlian Database dan Data Mining.

Melalui bimbingan beberapa dosen, kegiatan mahasiswa juga dilakukan dalam bentuk pembinaan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang setiap tahun disediakan dananya oleh DP2M DIKTI. Pada tahun 2012, mahasiswa PS Informatika memasukkan 4 proposal PKM untuk diseleksi secara nasional.