Sejarah Berdirinya Jurusan Informatika

Perkembangan ilmu dan teknologi komputer yang sangat fenomenal pada dua dasawarsa belakangan ini berdampak pada hampir seluruh aspek kehidupan modern. Pertumbuhan ilmu dan teknologi ini memicu dan mendorong perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS). Berbagai kegiatan riset sekarang ini sangat bergantung pada teknologi komputer. Bahkan kegiatan ekonomi dan transaksi bisnis melalui jaringan elektronik berbasis komputer pun telah menjadi suatu hal yang biasa bagi perusahaan, industri, perbankan, dan masyarakat.

Program Studi Informatika dibuka pada tahun 2010 di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala. Izin penyelenggaraan program studi ditetapkan pada tanggal 9 Juni 2010 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 70/D/O/2010. Pembukaan program studi ini tidak hanya dipandang sebagai upaya untuk mengaktualkan relevansi Universitas Syiah Kuala dalam menyiapkan kebutuhan tenaga terampil dalam bidang informatika dan komputer dimasa yang akan datang, tetapi juga sebagai upaya mewujudkan skenario besar dalam meningkatkan daya saing bangsa, seperti yang diamanatkan dalam Basic Framework for Higher Education Development KPPTJP IV 2003-2010 (HELTS 2003-2010), Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional. Hingga tahun 2017 ini, Program Studi Informatika sudah menginjak tahun ke 6 sebagai salah satu program studi di Universitas Syiah kuala

Semenjak September 2014 dan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 377/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2014, Jurusan Informatika sudah berakreditasi B (Baik). Akreditasi ini berlaku sampai tanggal 26 September 2019.